Jumat, 14 Maret 2008

Apa itu investasi

Investasi adalah menggunakan aset (uang atau barang) yang dimiliki oleh seseorang dengan tujuan untuk mendapatkan keuntungan atau tujuan tertentu. Dengan menggunakan aset tersebut untuk berinvestasi, berarti akan memberikan kemungkinan bagi orang lain untuk turut menggunakan, mengelola, dan memanfaatkan aset sehingga dapat lebih memberikan manfaat, tidak hanya kepada orang yang memiliki aset tersebut, tetapi juga kepada orang lain.

Misalnya, ada seseorang (si A) yang tidak mempunyai modal untuk melakukan atau mengembangkan suatu usaha, kemudian ada orang lain (si B) yang memiliki kelebihan modal tetapi tidak mampu untuk mengembangkan dan memanfaatkan modal tersebut secara produktif. Apabila keduanya sepakat untuk melakukan kerja sama dengan pembagian dan syarat -syarat tertentu, maka si B yang bertindak sebagai investor, dapat memberikan kontribusi modal dan si A, sebagai pengelola, dapat memanfaatkan modal si B tersebut untuk mengembangkan usahanya. Dengan demikian, dari modal yang ada tersebut, manfaat tidak hanya diperoleh si B saja tetapi juga si A.

Manfaat ini akan lebih banyak apabila dengan penyertaan investasi modal si B tersebut, si A dapat mengangkat karyawan-karyawan baru sehingga dapat membuka lapangan kerja dan mengurangi pengangguran.

Dengan meniatkan investasi untuk memberikan manfaat bagi orang lain sebagai tanda syukur atas rezeki yang diterima, maka Allah akan menambahkan nikmat bagi hambanya yang berinvestasi tersebut sesuai dengan janji Allah yang akan menambahkan nikmatnya bagi manusia yang mau bersyukur.

Investasi juga dapat memberikan manfaat bagi orang lain ketika investor memberikan hak orang lain melalui zakat yang diambil dari hasil investasi tersebut. Keuntungan dari investasi tersebut juga dapat digunakan untuk beramal saleh melalui infaq dan shodaqoh.

Dengan investasi, kita juga akan menjadi orang yang lebih baik karena bermanfaat bagi orang lain , yang menggunakan investasi kita dan yang kita bantu melalui zakat, infaq dan shodaqoh

0 komentar: