Jumat, 14 Maret 2008

Mengapa Investasi?

Manusia tidak selamanya sehat dan kuat

Manusia adalah makhluk yang keberadaannya tidak kekal, tidak selalu sehat dan akhirnya kana meninggal dunia. Manusia itu lemah dan berpengetahuan sangat amat sedikit dibandingkan Allah yang menciptakannya. Manusia tidak mengetahui kapan ia akan sakit dan meninggal, tidak tahu apa yang terjadi di masa depan.

Investasi merupakan salah satu alat bagi manusia untuk menjaga kelangsungan hidupnya di saat ia lemah dan tak berdaya. Dengan berinvestasi, manusia akan merasa sedikit aman ketika sakit, lemah, tua, atau kehilangan pekerjaan karena ia masih mempunyai sesuatu yang dapat digunakan untuk berobat, makan, membayar sekolah anak-anak, dll.


Kebutuhan bertambah dan harga barang di masa datang cenderung selalu naik

Hukum permintaan dan penawaran dalam ekonomi merupakan salah satu faktor penyebab kenaikan harga barang-barang. Jumlah penduduk dunia yang semakin meningkat dan standar hidup yang semakin tinggi menyebabkan permintaan terhadap barang-barang semakin meningkat. Padahal, di sisi yang lain, alam ,dan manusia mempunyai keterbatasan untuk menyediakan kebutuhan tersebut. Kemajuan ilmu dan teknologi pun menambah kebutuhan manusia akan barang-barang baru.

Apabila kita menginvestasikan aset kita secara produktif sehingga mendapatkan keuntungan yang paling tidak dapat menyesuaikan nilai aset dengan harga-harga. Ingatlah : orang yang hari ini sama dengan hari kemarin berarti termasuk orang yang merugi. Begitu pula dalam pengelolaan kekayaan, jika harta kita hari ini lebih sedikit dibandingkan dengan hari kemarin, berarti kita termasuk orang yang merugi karena tidak mampu mengoptimalkan harta kita untuk hal-hal yang produktif.


Investasi untuk memberikan hak-hak generasi mendatang


Umat Islam yang kuat adalah penegak agama. Kuat, bukan hanya fisik, tetapi juga ekonomi, ilmu dan yang paling penting adalah kuat dalam imannya. Untuk menumbuhkan generasi baru yang kuat, umat Islam harus mendidik generasinya, anak-anaknya, serta mensejahterakan dan memakmurkan mereka sehingga pendidikan yang dilakukan dapat berhasil untuk memperkuat generasi tersebut. Kebutuhan untuk pendidikan dan kemakmuran ini akan terpenuhi apabila terdapat kemauan dan dana yang cukup.

Investasi yang dilakukan oleh orang tua merupakan salah satu cara penting untuk menjamin kelangsungan pendidikan dan kemakmuran. Investasi ini dapat digunakan oleh orang tua untuk mempertahankan kemampuan pemenuhan kebutuhan anaknya ketika orang tua tersebut tidak dapat lagi bekerja atau ketika penghasilan yang diterimanya saat itu tidak dapat mencukupi kebutuhan anak-anaknya.

0 komentar: