Rabu, 30 April 2008

Proses Jual-Beli Saham

Dalam perdagangan saham, dikenal satuan pembelian saham yaitu LOT. Di Indonesia, 1 lot = 500 saham, atau 1.000 saham untuk lembaga keuangan (bank). Jadi untuk jual-beli saham anda harus menjual atau membeli langsung saham minimal 1 lot. Jadi jika harga per saham Rp.1000,00, maka minimal anda harus menyiapkan Rp.500.000,00 untuk membeli 1 lot saham (dengan ukuran 1 lot = 500 saham). Nilai itu belum termasuk biaya pembelian seperti fee broker/pialang dan biay lainnya.


Urutan proses Jual beli saham adalah sebagai berikut :


  1. Menjadi nasabah di Perusahaan Efek

Untuk dapat melakukan transaksi saham, investor harus terdaftar dahulu sebagai “nasabah” di perusahaan efek.

  1. Memesan saham

Investor memesan saham (beli jika belum punya atau jual-beli jika sudah punya saham)yang diinginkannya ke pialang. Pemesanan dapat dilakukan sendiri langsung ke kantor pialang atau melalui media lain (fax, telepon, internet, dll)

  1. Pesanan diteruskan ke Floor Trader

Oleh pialang, pesanan investor diteruskan ke petugas pialang yang berada di lantai bursa (floor trader)

  1. Pesanan dimasukkan ke JATS

Floor trader akan memasukkan (mengentry) pesanan ke dalam system JATS. Seluruh pesanan yang masuk JATS dapat dipantau oleh floor trader, petugas di kantor pialang, atau siapa saja yang memiliki/menyewa system informasi bursa. Dalam tahap ini terdapat komunikasi aktif antara pialang dengan investor sehingga pesanan dapat diubah-ubah sesuai keinginan investor, baik jumlah maupun harga.

  1. Transaksi terjadi atau dibatalkan

Jika pesanan yang dimasukkan ke system JATS bertemu dengan harga yang sesuai dan tercatat dalam system JATS sebagai transaksi yang telah terjadi (matched), dalam arti sebuah pesanan beli atau jual telah bertemu dengan harga yang cocok. Floor trader atau pialang menyampaikan keberhasilan pesanan. Jika tidak terdapat kesepakatan, investor dapat membatalkan transaksi.

  1. Penyelesaian Transaksi (settlement)

Investor tidak otomatis mendapatkan hak-haknya karena dibutuhkan tahap-tahap seperti proses kliring, pemindahbukuan, dll sehingga penjual mendapatkan uang dan pembeli mendapatkan saham. Di BEI, proses penyelesaian transaksi berlangsung selama tiga hari bursa. (T+3)

  1. Bagian contracting menerima rekap transaksi dari dealer, memroses transaksi nasabah dan mengirimkan konfirmasi transaksi ke nasabah.

1 komentar:

tamansari mengatakan...

bagaimana investasi syariah (modal minimal berapa)